Wednesday, October 21, 2009

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN OS

Kekurangan dan Kelebihan Windows XP

Keunggulan Windows XP
1. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
2. Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
3. Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
4. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
5. Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

6. Banyak software yang kompatibel
7. Banyak software yang stabil berjalan di operating sistem ini
8. Tidak akan ada masalah atau konflik antara software dan hardware
9. Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain

Kekurangan Windows Xp
1. Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
2. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya
3. Harga licensinya cukup mahal
4. Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
5. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows xp
6. Sistem yang kurang stabil


Kekurangan dan Kelebihan Windows Vista

Kelebihan:
1. Tentu saja pengalaman baru menjelalah PC dengan rasa tridi ( 3D ) yang canggih berkat AERO
2. Perbaikan dan penambahan fitur yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
3. Kualitas tampilan yang prima
4. Lebih sedikit system – crash dibanding pada windows xp
5. Built – in Support Option yang memberikan keleluasaaan lebih kepada pengguna
6. Mode pencarian file yang lebih mudah/live search
7. Security lebih baik


Kekurangan :
1. Fitur – fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
2. Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan fitur – fitur Vista
3. Terlalu banyak varian seri yang mungkin akan membingungkan calon pengguna
4. Bila spek komputer minim akan terasa berat
5. Terlalu banyak tampilan yg seharusnya tidak di gunakan


Kekurangan dan Kelebihan Linux

Kelebihan Linux

1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
4. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. Artikel yang menunjang argumen ini:
* Linux dan Virus.
* Melindungi Windows dari serangan virus dengan menggunakan Linux.
5. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca di eweek.com).
6. Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapat membaca artikel “Don’t Throw That Old PC Away–Give It New Life with Linux“). Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista dapat dilihat Microsoft.com). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.


Kekurangan Linux
1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.


Kekurangan dan Kelebihan Windows 7


Era Windows Vista tidak berapa lama lagi akan terlewati, tergantikan oleh Windows terbaru yang lebih revolusioner, Windows 7. Microsoft memperkenalkan Windows 7 beberapa waktu lalu. Faktanya, Microsoft fokus mengembangkan Windows setiap waktu dalam mempercepat proses dari anda memulai hingga mematikan komputer. Dalam kenyamanan anda bekerja tersebut, Microsoft menerapkan segala faktor pendukung agar sistem komputer tetap dalam performa baik.


Sejauh fitur yang dimiliki, Windows 7 mempunyai kelebihan dalam men-support segala masukan dan taskbar baru yang memudahkan pengaturan saat banyak jendela yang anda buka.


Mike Nash, corporate vice president, menjelaskan bahwa Windows 7 berfokus untuk memastikan segala hal yang anda kerjakan menjadi lebih mudah dan segala kemungkinan yang dicari menjadi mungkin. Banyak pekerjaan yang anda selesaikan jadi lebih mudah dan cepat.


Waktu dekat ini, versi prebeta akan dibagi-bagikan kepada pengembang dalam Professional Developer Conference di Los Angeles guna penyempurnaan versi akhir, tetapi terbatas untuk perencanaan peningkatan keistimewaan pada Windows 7.


Dalam beberapa hari ini banyak antusiasme dari mereka yang telah mencoba mengecek kode baru pada Windows 7 prebeta yang berharap pada kestabilan sistem terutama sekali pada sistem operasi, dan performa-nya.


Microsoft telah memberikan gambaran tentang Windows 7 sebelum dirilis. Waktu lampau, Microsoft telah mencakup keistimewaan pengembangan berikut kelebihannya yang diunggulkan. Dengan Windows 7, keistimewaan mencakup pada struktur utama Windows.


Microsoft memastikan Windows 7 akan berbeda jauh penampilannya dengan Windows Vista, Microsoft membuat perubahanan dan berusaha mengedepankan perbaikan pada ketidak cocokan (incompatible) pada sistemnya.


Nash tidak menjelaskan apakah Microsoft akan meluncurkan versi beta lebih dari satu sebelum peluncuran final Windows 7. Ia akan melihat feedback dari versi prebeta pertama.


Microsoft mengatakan Windows 7 akan rilis tiga tahun setelah Vista (Januari 2007). Bagaimanapun juga, CEO Steve Ballmer mengatakan, dia berkeinginan Windows 7 dapat diluncurkan tahun depan.


Kelebihan Windows 7 Beta:

* Proses boot/shut down lebih cepat
* Berjalan lebih cepat dibandingkan Vista, tapi masih sedikit lebih lambat dibandingkan XP, tapi untuk versi x64 merupakan versi yang paling cepat bila dibandingkan XP atau Vista.
* Fitur sekuriti yang benar-benar ketat. Jika sebelumnya kita bisa memaksa software untuk dapat diinstal di Vista (karena ada masalah kompatibilitas), kini tidak lagi.
* Lebih sedikit membutuhkan ruangan harddisk
* Manajemen memory yang lebih baik
* Pengaturan taskbar yang lebih baik
* Hampir semua driver untuk Vista bisa digunakan di Windows 7
* Help Tool yang lebih baik.
* Window snapping sangat membantu menata window di layar side-by-side


Kekurangan:

* Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di WIndows 7 (karena masih versi beta)
* Bug pada Windows Player 12
* Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di VIsta, juga dipasang di Windows 7
* Modem Sierra AirCard 875U tidak dapat digunakan

Windows 7 ini sudah bisa didownload mulai bulan Januari 2008 ini dan akan berakhir trialnya sekitar bulan Agustus 2008.
Release resmi Windows 7 diperkirakan akhir 2009 atau awal 2010.

Kalau Anda ingin mencoba menggunakan Windows 7, sebaiknya dengan menggunakan dual booting, sehingga Anda tetap bisa bekerja dan main game di satu partisi XP, sambil mereview Windows 7 di partisi lainnya.

Dan jangan mengganti sistem operasi utama Anda menjadi Windows 7, karena pasti Anda akan banyak terganggu, dan Microsoft sendiri tidak menyarankan.

Untuk instalasi driver, Anda bisa mencoba untuk menggunakan versi Vistanya. Kalau tidak bisa, coba lihat disitusnya, mungkin sudah ada dukungan untuk Windows 7 betanya.

Kalau tidak ada juga, lebih baik menunggu saja hingga versi finalnya keluar.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa Kasih Nama pengirim dan email atau FB Pengirim.,.,.,Thenkz.,.,

Post a Comment