Wednesday, January 13, 2010

WEB SERVER DAN INSTALASI CMS

Tahap pertama kita belajar install joomla dulu (ya ia laaaaah,,,) untuk instalasi joomla ada 2 cara, cara offline atau online,,di sini akan di ceritakan instalasi secara offline dulu ya.

1. Sebelum joomla di instal, instal dulu web servernya, ada beberapa macam web server
> wampserver
> xampp
> PHP TRIAD
> APP SERVER
> DLL..

2. Cara instal web server ini ga terlalu sulit, kaya instal game enteng aja tinggal instal truss next,,next,,next,,aja.



3. Setelah instalasi webserver selesai sekarang di tes, caranya buka browser apa aja yang sering di gunakan, ketik //localhost , kalau keluar halaman webserver berarti sudah berhasil, kalau belum keluar juga???hmmm gimana kalau di uninstall trus instal lagi, kalau belum berhasil juga??wah itu belum pernah terjadi,,,coba di tambah dengan doa siapa tau bisa berhasilllll,,,,
kalau sudah masuk ke halaman webserver pilih PHPmyadmin atau My Sql , di sini bikin database dengan nama data base yang akan digunakan untuk web nantinya. langsung create aja udah ga usah di isi macem-macem lagi dulu (sementara lom tau juga kan soal my sql )

4. Habis tuh instal si joomlanya, file joomla bisa di download dari mana aja cari aja di google,,(namanya juga open source) oia ini yang di pake joomla versi 1.5 , ada beberapa versi joomla tapi yang terbaru versi 1.5 ini, beda dengan yang sebelumnya???pasti fasilitasnya beda dong, namanya juga versi terbaru pembaharuan dari versi sebelumnya. kalo pake wampserver file joomla di taro di c:\wampp\www\[nama file joomla] , kalau pake xampp file joomlanya taro di c:\xampp\htdocs\[nama file joomla , nama file joomla bisa apa aja bebas lah

5. buka browser, ketik //localhost/[nama file joomla] di sini instalasi joomla di mulai ikutin aja tahapan yang di minta, pada saat sampai di halaman Database Configuration isinya:
DATABASE TYPE : mysql
HOSTNAME : localhost
User Name : root
Password : kosongin ajah
Database Name : di isi dengan nama data base yang tadi udah di buat

saat sampai di FTP CONFIGURATION yang di isi bagian FTP User aja, isinya ROOT (soalnya lom ngerti yang lainnya ).

6. saat ada di halaman MAIN CONFIGURATION isi semua yang di minta, di bagian e-mail bisa di isi dengan e-mail fiktif, nanti setelah instalsai selesai bisa di ubah lagi.
klik tombol INSTALL SAMPLE DATA, ini gunanya untuk belajar pengaturan CMS-nya, jadi joomlanya nanti ga kosong ada contoh isinya.

7. selesaiiiiiii,,,akan ada pengumuman kalau joomla sudah terinstal, buka lagi file joomla yang tadi ada di dalam webserver [di drive C:/ dalam wampp atau xampp] cari folder dengan nama INSTALATION nah file itu di delete dulu, kalau engga tar ga bisa buka web yang udah di buat.

8. kalau file sudah di buang coba balik lagi ke browser yang berisi pemberitahuan bahwa joomla sudah berhasil di install, klik site untuk lihat tampilan sitenya atau klik admin kalau mau langsung di manage isi dari sitenya.

9. selesai deh, gampang kan install-nya udah deh punya website sendiri.
eeee,,tunggu dulu itu belum selesai kan masih harus di rapihin dulu isinya biar jadi web pribadi yang manis,,,,cara utak atik management-nya tar lagi ya,,,ini lagi sedang di pelajari jug

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa Kasih Nama pengirim dan email atau FB Pengirim.,.,.,Thenkz.,.,